Seriously….?!?!?!? Ini Mah Brainwashing Namanya

Who love watching movies? I DO !!!

And I’m sure most of us had watched ‘Insidious’ or ‘The Conjuring’ ,right? Salah satu film2 yg sempat nge-hitz dan tentunya kita nonton film itu secara berjamaah sama teman2. (soalnya itu film horror)

Oke, terus hubungannya sama Brainwashing apa? Yuk mari kita kupas…

ImageMungkin kita semua masih ingat sama jalan ceritanya, namun saya punya satu detail plot cerita yang langsung bikin saya melek. (Tenang, saya gak akan cerita gmn hantunya keluar kok..) Masih inget gak, sering banget saat pemburuan hantu berlangsung, selalu ada adegan zoom langsung ke arah jam saat menunjukkan pukul 3 am. Sejenak saat itu jarum detik jam dibuat mati dan ada efek2 musik tegang. Berhubung saya gak paham bgt sama alur ceritanya, spontan saya langsung tanya ke teman sebelah:

Icha   : “Itu maksudnya apaan sih kok setiap jam 3 subuh jam nya mati mulu?”

Yaya :  ” Itu tuh soalnya setiap jam segitu tuh semua hantunya pada keluar jadi waktu kaya berenti gitu….”

Icha  : ” Ooooh… gitu…” (kemudian heran) -______-”

Ada yang udah nangkep maksud Brainwashing nya dimana? Apa ada  yg langsung kepikiran sama Ghozul Fikri ? Atau ada yang belum tau apa itu Ghozul Fikri?

Ghozul Fikri berasal dari kata Ghozwu dan Fikri yang secara harfiah berarti perang pemikiran, sedangkan yang dimaksud adalah sebuah upaya yang dilakukan secara terencana, sistematis dan continue oleh musuh-musuh Allah untuk meracuni pikiran dan akhlak umat Islam terutama generasi muda agar jauh dari sumber ajaran Islam, sehingga akhirnya membenci Islam dan ujung-ujungnya menginginkan kehancuran umat Islam dan memadamkan cahaya Allah.

sumber : http://skrsultra.blogspot.com/2009/05/ghozul-fikri-perang-pemikiran-metode.html

 

 Waktu pesantren kilat dulu, saya pernah dengar mentor saya bilang, “kalau mau perangi orang muslim secara terang-terangan, Insya Alloh siapapun akan kalah. Makanya sekarang kita harus berhati-hati dengan ghozul fikri, karena sekarang mereka mulai memerangi kita dengan jalur yang lebih bahaya, yaitu pemikiran kita.”
Kembali lagi dengan pembahasan plot film yang tadi, ada yang sudah merasa hawa-hawa ghozul fikri kah? Dimana tepatnya? Bagi yang sudah paham, Alhamdulillah karena Alloh masih melindungi kita. Bagi yang belum, mari kita perangi bersama… 🙂
Apa yang mereka coba tanamkan pada film itu?
Jam 3 am, seolah-olah adalah detik-detik yang paling menakutkan. Semua takut kalau2 terbangun saat detik2 tersebut. Kalau terlanjur kebangun pasti langsung keringet dingin liat jam lalu berlindung dibawah selimut dan mencoba tidur kembali. Ya! Tentu saja, film adalah media visual yang baik untuk menyampaikan pesan. Dan pesan ngaco tersebut berhasil nge-brainwash pemikiran salah satu teman saya. (Gara2 film itu katanya seremnya kebawa-bawa dan dia selalu merinding kalau kebangun tengah malam apalagi kalau ngeliat jam pas nunjukin jam 3 am). Satu kata komentar dari saya : astaghfirulloh…
Apa coba sejarahnya Jam 3 subuh itu waktu yang sebegitu menakutkan? Ya, menakutkan memang kalau-kalau kita sampai terlewat untuk sujud kepadaNya disaat Alloh SWT turun ke langit dunia menghampiri hambanya di sepertiga malam terakhir.
Image

    Yang mengatakan bahwa Allah turun ke langit dunia pada sepertiga malam akhir itu adalah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam dalam sabda beliau:

ينزل ربنا تبارك وتعالى إلى السماء الدنيا كل ليلة حين يبقى ثلث الليل الآخر فيقول: من يدعوني فأستجيب له، من يسألني فأعطيه، من يستغفرني فأغفر له، حتى ينفجر الفجر

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia lalu berkata: ‘Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar‘ ” (HR. Bukhari 1145, Muslim 758)

Nah, sekarang mulai paham kan maksud saya mengatakan itu sebagai Ghozul Fikri. Masih belum paham juga? No Problem.. Saya coba memberikan satu contoh lagi yang mungkin tanpa sengaja kurang kita sadari kengacoannya 🙂

Pernahkah kita berada dalam mindset dimana Hari Jumat adalah hari yang menakutkan? Yang menyeramkan? Pokoknya ada hawa-hawa mistis sendiri yang berhubungan dengan hari jumat… Sampai2 ada film ‘Friday 13’ segala… Sedih ya dengarnya 😦

Sebenarnya ada apa sih dengan Hari Jumat?

Hari Jumat adalah hari yang memiliki keistimewaan dan keutamaan. Oleh sebab itu pada Hari Jumat kita dianjurkan untuk memperbanyak shalawat, membaca surah Al-Kahfi, memperbanyak doa, disunahkan memotong rambut & kuku, dll.

“Sebaik-baik hari adalah hari Jum’at, karena pada hari itulah Adam diciptakan, pada hari itu pula dia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya.” (HR. Muslim no. 854)

So, masihkah kita takut pada hari dimana penuh berkah padanya? Jangan sampai kita terpengaruh sesuatu yg sebabnya belum jelas bahkan ngaco 🙂

Insya Alloh sekarang kita mulai paham akan bahaya Ghozul Fikri. Kita harus cerdas, karena suatu kewajiban bagi umat muslim untuk menjadi cerdas. Tidak ada yang melarang secara keras bahwa nonton bioskop itu haram. Saya pribadi pun penikmat film. Yang harus kita lakukan adalah menyikapi film2 yg kita tonton dengan cerdas.

Semoga kita senantiasa dalam lindungan Alloh SWT. Semoga ini menjadi manfaat untuk kita semua. والله أعلمُ بالـصـواب

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s